Meriahnya Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-72 di Kawasan Perbatasan Pulau Sebatik, Kalimantan Utara

Monday, 30 October 2017

Tidak hanya di pusat kota saja, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72 juga berlangsung meriah di kawasan perbatasan. Seperti yang terjadi saat memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72 yang lalu, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi menyelenggarakan rangkaian kegiatan di Kawasan Perbatasan khususnya Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

 Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, yaitu 15-17 Agustus 2017 digelar di Pangkalan Pos Angkatan Laut (POSAL), Desa Sei Pancang, Pulau Sebatik. Menteri Eko Putro Sandjojo yang hadir kala itu didaulat sebagai inspektur upacara. Semarak peringatan Hari Kemerdekaan disambut meriah oleh warga, terlebih karena berbagai rangkaian kegiatan yang menarik minat warga untuk berkunjung.

 Kemeriahan acara diawali dengan pencetakan rekor MURI, yaitu menghadirkan jumlah Paskibra terbanyak dengan total 1478 orang. eterlibatan anggota Paskibra terbanyak tersebut diprakarsai oleh GACI (Gebyar Aku Cinta Indonesia), dan dilaksanakan atas kerjasama dengan Pemda Kabupaten Nunukan. Kegiatan yang bertujuan menghadirkan negara di tengah masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan ini turut melibatkan pihak BUMN seperti PT. Bulog yang ikut bekerjasama dalam kegiatan pasar murah. Di pasar murah tersebut, 2000 paket sembako dijual ke masyarakat seharga Rp 50.000 berisi beras 5 kg, gula 2 kg, minyak goreng 1 liter, susu kental manis 1 kaleng, dan 5 bungkus mie instan.

 Tak hanya sembako, kebutuhan sandang berupa pakaian wanita, pria, dan anak-anak senilai Rp 25 juta juga dijual guna memikat warga untuk hadir memeriahkan acara ini. Hasil penjualannya pun bukan untuk keuntungan semata, melainkan disumbangkan kepada Pesantren Mutiara Bangsa, yang pemberiannya digabungkan dengan sumbangan Menteri berupa dana operasional untuk pesantren.

 Pemberian bantuan dan santunan juga termasuk dalam rangkaian kegiatan. Bantuan berupa pengobatan gratis dan pelayanan kesehatan oleh dokter umum dan dokter spesialis anak menjadi daya tarik lain bagi warga Pulau Sebatik. Pelayanan kesehatan tersebut berlangsung di lapangan bola Sei Pancang sejak pukul 09.00-15.00 WITA. Demi mendukung pelayanan kesehatan bagi warga, sebanyak 3 mobil ambulan disediakan oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat untuk melayani masyarakat secara mobile di beberapa kecamatan, sehingga masyarakat tidak perlu datang menghampiri pos kesehatan. Selain itu, satu mobil lainnya disiagakan di Pesantren Mutiara Bangsa.

 Rangkaian kegiatan ini juga diisi dengan pertemuan dan dialog antar kepala desa. Peserta dihadiri 232 orang kepala desa, BPD, serta 8 pendamping desa  dari seluruh desa di Kabupaten Nunukan. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Eko memberikan arahan, dan berdialog dengan para kepala desa.

 Ia juga melakukan penandatanganan MOU pembangunan Rumah Pangan Kita, serta MOU pembentukan PT. Mitra Bumdes Kabupaten Nunukan. Penyerahan bantuan modal usaha kepada 9 Bumdes (5 Bumdes di Kabupaten Nunukan dan 4 Bumdes di Sebatik) turut diberikan oleh Menteri pada kesempatan yang sama.

 Beberapa bantuan lain juga serahkan ke beberapa pihak, seperti kepada Pesantren Mutiara Bangsa berupa dana operasional (1500 buku, sarana ibadah, dan 100 Al-Quran, serta obat-obatan untuk poliklinik pesantren). Saat pemberian bantuan tersebut, Menteri melakukan kunjungan dengan melakukan peninjauan lab komputer, dan berdialog dengan para santri sembari mengadakan kuis berhadiah sepeda dan ponsel.

 Menteri Eko juga berkesempatan melakukan kunjungan lapangan ke beberapa daerah di sekitar Pulau sebatik, di antaranya kunjungan ke lokasi bantuan Kemendes PDT dan Transmigrasi. Di sana ia menandatangani prastasi jalan sirip desa (bantuan Ditjen PDTu Tahun 2017) pada patok 4; dan prasasti telah beroperasinya kapal tangkap ikan RO dan Infiltrasi Pump (bantuan Ditjen PKP tahun 2015).

 Selanjutnya, Menteri Eko turut menyaksikan serah terima hibah lahan kakao dari masyarakat ke Bumdes Bersama untuk pembangunan rumah dan mesin pengolahan kakao. Dirinya juga menyerahkan bantuan dari Bank BRI untuk empat BUMDesa (Bumdes Bersama Sebatik Tengah Indah, Bumdes Garda Batas, Bumdes Maju Bersama, Bumdes Tapal Batas Patok 3, dan Bumdes Bumi Bertuah).

 Sementara itu, peresmian ekspor perdana bandeng tanpa tulang oleh Bumdes Harapan Maju Bersama turut disaksikan Menteri, sebelum akhirnya ia memberikan bantuan modal usaha untuk Bumdes tersebut.

 Kunjungan ke pos perbatasan, tepatnya ke Pos Satgas Pamtas Yonif 611/AWL Patok 3 Desa Aji Kuning (PLBN) juga menjadi program menteri saat berada di Sebatik. Ia menyempatkan berdialog dengan prajurit serta memberikan bantuan logistik berupa mie instan, kecap manis, televisi 32 inchi, kopi, gula, dan teh.

 Di akhir kunjungannya, Menteri sempat memberi bantuan sarana belajar untuk Rumah Baca dan perbaikan jembatan menuju Rumah Baca Desa Bina Lawan di Pelabuhan Mantikas.

 Sebagai rangkaian akhir acara diselenggarakan hiburan untuk masyarakat Pulau Sebatik yang dilaksanakan di lapangan olah raga Sei Pancang. Berbagai jenis lomba seperti tarik tambang, kapal hias, panjat pinang, dan semangka susu ikut digelar untuk memeriahkan HUT RI ke-72 ini. 


  • Program Unggulan Direktorat Jenderal PKP2Trans

    Thursday, 08 September 2016

    Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (PKP2Trans), merupakan salah satu dari 2 (dua) Direktorat Jenderal di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang melaksanakan tugas dan fungsi terkait bidang ketransmigrasian. Satu Ditjen lainnya adalah Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Ditjen PKT)...

  • RAPAT SINKRONISASI PROGRAM PERPINDAHAN DAN PENEMPATAN TRANSMIGRASI DARI DAERAH ASAL (TPA) TAHUN 2018

    Wednesday, 13 September 2017

    Dalam rangka pelaksanaan program pembangunan permukiman dan penempatan transmigrasi tahun 2018, Ditjen PKP2Trans melalui dana dekonsentrasi Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan rapat sinkronisasi program perpindahan dan penempatan transmigrasi tahun 2018 di Surabaya yang bertempat di hotel novotel, Ngagel Surabaya pada tanggal 6 – 8 September 2017. Adapun peserta rapat tersebut adalah para Kepala Dinas dari 15 SKPD Provinsi yang membidangi ketransmigrasian (meliputi 10 Satker Daerah Asal dan 5 Satker Daerah Tujuan Transmigrasi), 3 perwakilan Bappeda Provinsi Daerah Asal Transmigran (jawa barat, jawa tengah dan jawa timur) dan 40 SKPD Kabupaten/Kota yang membidangi ketransmigrasian (35 SKPD daerah asal dan 5 SKPD daerah tujuan transmigrasi)...

  • Bimbingan Teknis Penyusunan Pelaporan Berbasis Online Bidang PKP2Trans

    Tuesday, 15 August 2017

    Jakarta, Seiring dengan berkembangnya jaman dan media sosial terus tumbuh, kini segala sesuatu dapat kita peroleh dengan cara cepat dan instan. Dengan mengurangi jarak, waktu dan ketepatan data, maka Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (PKP2Trans) mengadakan Bimbingan Teknis Penyusunan Pelaporan Berbasis Online yang diselenggarakan di Best Western Hotel dan Residence Mangga Dua, Jakarta Pusat...

Lokasi