Program Unggulan Direktorat Jenderal PKP2Trans

Thursday, 08 September 2016

Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (PKP2Trans), merupakan salah satu dari 2 (dua) Direktorat Jenderal di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang melaksanakan tugas dan fungsi terkait bidang ketransmigrasian. Satu Ditjen lainnya adalah Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Ditjen PKT). 

Ditjen PKP2Trans mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dibidang penyiapan kawasan dan pembangunan permukiman transmigrasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam melaksanakan tugas mempunyai program – program unggulan :

  1. Pembangunan Transmigrasi di Perbatasan Negara (Pulau Kalimantan),
  2. Pembangunan Transmigrasi di Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo,
  3. Pemberdayaan Masyarakat Transmigrasi di Kawasan Yubuai, Kab Sumba Timur.
Pembangunan permukiman transmigrasi di kawasan perbatasan diarahkan untuk membangun permukiman transmigrasi pada koridor ± 20 km dari perbatasan (Malaysia). Pembangunan kawasan transmigrasi sangat perlu dukungan dari Unit Teknis di lingkungan Kementerian Desa maupun dukungan Instansi Terkait serta Stakeholders. 

Potensi peluang Pembangunan Transmigrasi di perbatasan pada Pulau Kalimantan terdapat di kabupaten : Sambas, Bengkayang, Kapuas Hulu, Sanggau, Sintang Mahakam Ulu, Malinau, dan Nunukan.

Potensi tersebut dapat menampung lebih dari 100.000 Kepala Keluarga/KK. Dalam tahun 2016 sedang dalam proses pembangunan di Kabupaten Sanggau (lokasi Sei Tekam/Sei Beruang), Kabupaten Sintang (Lokasi Sebetung Paluk) dan Kabupaten Kapuas Hulu (lokasi Nangakalis).

Kendala yang dihadapi dalam pembangunan transmigrasi di perbatasan salah satunya adalah sebagian besar potensi lahan yang dapat dikembangkan berada di kawasan Hutan Produksi (HP).

Pulubala merupakan Kawasan Transmigrasi yang berdekatan dengan Ibukota Kabupaten Gorontalo. Konsepsi yang dikembangkan adalah keterkaitan desa-kota dimana desa merupakan hinterland kota yang mensuplai kebutuhan konsumsi pangan perkotaan. Disamping itu kawasan Pulubala juga mendukung program unggulan Kementerian Desa yang dikembangkan dengan konsep Agriculture Estate  (One Village One Product). Lokasi transmigrasi yang dibangun tahun 2016 pada Kawasan ini adalah Lokasi Bukit Aren  dan Lokasi Ayumolingo. 

Kawasan Yubuai Kabupaten Sumba Timur meliputi lokasi Laimbaru, Latapu Rumbu, dan Kotakawau merupakan areal padang rumput (savana), beriklim kering dan tanah kurang subur sehingga tingkat kesejahteraan masyarakatnya rendah.

Pembangunan transmigrasi di Kawasan Yubuai bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dalam permukiman transmigrasi yang bermitra dengan investor. PT Margo Agro Abadi (MMA) merupakan investor pengembang sisal yang terintegrasi dengan jagung. Dua calon investor lain yang akan bermitra adalah PT MEE  yakni calon investor sebagai penyedia energi baru terbarukan dan PT Mutiara Sumba Manis merupakan calon investor sebagai pengembang komoditas tebu dan industri gula.

Keberhasilan model ini diharapkan sebagai model pengembangan selanjutnya khususnya dalam upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam kawasan untuk meningkatkan kesejahteraan melalui kemitraan. (Bagian Perencanaan Setditjen PKP2Trans)

  • Program Unggulan Direktorat Jenderal PKP2Trans

    Thursday, 08 September 2016

    Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (PKP2Trans), merupakan salah satu dari 2 (dua) Direktorat Jenderal di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang melaksanakan tugas dan fungsi terkait bidang ketransmigrasian. Satu Ditjen lainnya adalah Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Ditjen PKT)...

  • Bimbingan Teknis Penyusunan Pelaporan Berbasis Online Bidang PKP2Trans

    Tuesday, 15 August 2017

    Jakarta, Seiring dengan berkembangnya jaman dan media sosial terus tumbuh, kini segala sesuatu dapat kita peroleh dengan cara cepat dan instan. Dengan mengurangi jarak, waktu dan ketepatan data, maka Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (PKP2Trans) mengadakan Bimbingan Teknis Penyusunan Pelaporan Berbasis Online yang diselenggarakan di Best Western Hotel dan Residence Mangga Dua, Jakarta Pusat...

  • PENJARINGAN PROGRAM PKP2TRANS TAHUN 2018 WILAYAH SUMATERA, KALIMANTAN, DAN NUSA TENGGARA

    Friday, 31 March 2017

    Jakarta,- Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (PKP2Trans), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. pada tanggal 23 – 26 Maret 2017 selama (4 hari) telah melaksanakan rapat regional dalam rangka menjaring program PKP2Trans tahun 20018 untuk wilayah Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara di Padang Provinsi Sumatera Barat bertempatan di Hotel Grand Inna Muara...

Lokasi